Jasa Penerjemah
Kualitas dan Layanan yang ramah adalah Prioritas kami, by. Mitra Penerjemah
Home » , , , » Menilik Penerjemah Tersumpah di Beberapa Negara di Dunia

Menilik Penerjemah Tersumpah di Beberapa Negara di Dunia

Written By Mitra Penerjemah on Kamis, 11 Juli 2013 | 20.39

Pernahkah anda tahu mengenai Penerjemah Tersumpah beserta Profesinya dibelahan negara di dunia..???
Penerjemah Tersumpah atau Sworn Translator (bisa juga disebut sebagai Certified Translator) merupakan sebuah predikat khusus yang diberikan kepada seorang Penerjemah yang telah lulus ujian kualifikasi sebagai seorang Penerjemah Tersumpah serta memperoleh sertifikasi yang diberikan oleh sebuah Instansi yang berwenang pada suatu negara.
Dalam prakteknya, seorang Penerjemah Tersumpah sebenarnya diprioritaskan untuk menerjemahkan sebuah dokumen yang bersifat resmi (teks atau dokumen hukum) dengan bahasa yang resmi. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa seorang Penerjemah Tersumpah diperlukan untuk menerjemahkan dokumen-dokumen non resmi dan non Dokumen Hukum. Hal ini dikarenakan bahwa dokumen yang diterjemahkan oleh seorang Penerjemah Tersumpah mempunyai legalitas di mata hukum (Yuridiksi).
Di berbagai negara, Penerjemah Tersumpah sangatlah dibutuhkan serta merupakan syarat mutlak dalam menerjemahkan berbagai dokumen yang bersifat resmi, dan berikut adalah sekilas tentang Penerjemah Tersumpah yang ada di berbagai Negara:
- Indonesia
Predikat Penerjemah Tersumpah di Indonesia, didapatkan dari kelulusan Ujian Kualifikasi Penerjemah Tersumpah yang diselenggarakan oleh sebuah Instansi yang bernama Lembaga Bahasa Internasional Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. yang mana setelah seorang penerjemah dinyatakan lulus dalam ujian Penerjemah Tersumpah, selanjutnya akan dilakukan sumpah jabatan/ profesi yang disaksikan oleh Gubernur DKI Jakarta. Sebagai catatan; untuk saat ini Ujian Penerjemah Tersumpah baru ada dan diselenggarakan di Universitas Indonesia saja.
- Argentina
Menurut UU #20.305, semua dokumen-dokumen publik (mencakup dokumen pribadi dan komersial) harus diterjemahkan dan ditandatangani oleh seorang “Penerjemah Publik” yang berserifikat atau resmi, yang mana stempel dan tanda tangannya harus di sahkan di tiap halaman oleh lembaga profesional penerjemah yang memiliki kewenangan atau kekuatan hukum. Semua orang, perusahaan, lembaga peradilan serta lembaga pemerintah lainnya tunduk pada undang-undang mengenai dokumen atau pernyataan dalam bahasa asing ini. Untuk bisa diakui sebagai penerjemah publik untuk bahasa-bahasa utama di Eropa, para calon penerjemah publik diharuskan mengikuti kursus-kursus di universitas yang mengarah pada gelar profesi traductor público (penerjemah publik).
- Amerika Serikat
Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat, Biro Statistik Tenaga Kerja menyatakan: “di Amerika Serikat Saat ini tidak ada bentuk sertifikasi universal yang diperlukan bagi interpreter dan penerjemah, namun ada bermacam ujian yang dapat diikuti oleh para pekerja untuk menunjukkan keahliannya”.
- Jerman
Di negara Jerman, Pengadilan-pengadilan negeri (Landgerichte) mempunyai kewenangan untuk mengangkat “Penerjemah Tersumpah”. Gelar khusus dan prosedur pengangkatan berbeda di setiap negara bagian. Di kebanyakan kasus, para calon Penerjemah Tersumpah diwajibkan untuk lulus ujian.
- Italia
Di negara Italia, Baik pengadilan maupun konsulat Italia mempunyai kewenagan dalam menunjuk para calon “Penerjemah Resmi” (traduttori giurati or ufficiali) yang lulus ujian atau yang menunjukkan bukti keahlian bahasa (biasanya seorang sarjana).
- Swedia
Di negara Swedia, “Kammarkollegiet” merupakan sebuah lembaga penyedia jasa penerjemah resmi yang memberikan kewenangan kepada para interpreter dan penerjemah, yang harus lulus ujian secara ketat yang diselenggarakan oleh lembaga tersebut. Penerjemah Resmi (authorized translator) menyandang gelar profesional yang dilindungi, dan terjemahannya dianggap sah serta mengikat untuk semua keperluan resmi.
Demikianlah sekilas tentang Penerjemah Tersumpah yang berada di berbagai Negara di Dunia. Tentunya masih banyak lagi kilasan-kilasan Penerjemah Tersumpah di berbagai negara yang lain dan bisa anda cari sendiri referensinya.
====  Semoga Bermanfaat ====
Reference by. 
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Chat with me

Jogja Penerjemah Online


Jogja Penerjemah Online 2

Promo

Popular Posts

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Support : Jasa Penerjemah | Penerjemah Tersumpah | Mitra Informasi
Copyright © 2013. Penerjemah Tersumpah Jogja - All Rights Reserved
Template Published by Mitra Penerjemah
Proudly powered by Blogger