Jasa Penerjemah
Kualitas dan Layanan yang ramah adalah Prioritas kami, by. Mitra Penerjemah

Potret Pendidikan Bangsa

Written By Mitra Penerjemah on Selasa, 21 Mei 2013 | 05.10


Potret Pendidikan Indonesia Melalui Sekolah



Belum lekang dari ingatan masyarakat Indonesia bagaimana Ujian Nasional yang diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan mengalami carut marut dalam hal pendistribusian soal. Soal carut marutnya Ujian Nasional ini hanya satu dari banyak sekali masalah di dalam sistem pendidikan negara ini. Padahal, pendidikan adalah elemen yang paling penting dalam memajukan sebuah bangsa dan negara. Tanpa pendidikan yang bermutu, sebuah negara tidak akan pernah dapat maju bersaing dengan bangsa – bangsa lain di seluruh dunia. Bicara potret pendidikan Indonesia tentunya tidak lepas dari Sekolah. Sekolah adalah satu – satunya lembaga resmi yang dianggap dapat mencerdaskan kehidupan bangsa.
Namun sayangnya, sekolah saat ini hanya berkutat pada masalah lawas yaitu masalah pendidikan Indonesia yang hanya mementingkan hasil daripada proses. Kepercayaan masyarakat saat ini adalah “rajin belajar, dapatkan bagus lalu cari pekerjaan yang aman.” Padahal sebenarnya, pekerjaan bagus serta kesuksesan adalah hasil sampingan jika seorang siswa mau menempuh setiap proses di sekolahnya. Dengan anggapan semacam itu, maka tujuan seorang siswa adalah untuk mendapat nilai yang dianggap tinggi oleh masyarakat serta dunia kerja. Sekolah sejatinya merupakan tempat bagi para siswa untuk menempa karakter serta kepribadian mereka agar lebih matang ketika terjun di masyarakat. Karakter ini ditempa melalui kesadaran dan kecintaan terhadap setiap proses belajar yang dilakukannya di sekolah.
Jika pendidikan Indonesia hanya menghasilkan siswa – siswa yang mementingkan hasil daripada proses, maka kasus contek – mencontek yang terjadi di banyak daerah akan sulit dihilangkan. Belum lagi mental hanya mementingkan hasil akan menghasilkan pribadi pragmatis yang rentan untuk terkena kasus korupsi jika si siswa kelak menjadi pejabat pemerintahan. Oleh karena itu sekolah harus meredefinisi ulang arti pendidikan yang sesungguhnya. Pendidikan bukan hanya soal mendapatkan nilai yang bagus saja namun pendidikan yang terbaik adalah mengajarkan setiap anak didik agar mereka menghargai proses belajar, mau berusaha membentuk karakter, serta mau bersusah payah terlebih dahulu jika menginginkan hasil yang maksimal. Jika semua itu sudah tercapai, maka saya yakin kasus korupsi di negeri ini dapat segera menghilang.
====================================
by. MitraOne
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Chat with me

Jogja Penerjemah Online


Jogja Penerjemah Online 2

Promo

Popular Posts

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Support : Jasa Penerjemah | Penerjemah Tersumpah | Mitra Informasi
Copyright © 2013. Penerjemah Tersumpah Jogja - All Rights Reserved
Template Published by Mitra Penerjemah
Proudly powered by Blogger